Selasa, 15 Januari 2008

Mengakses Website dengan Browser Handphone

google-gwtJika saya mengakses website menggunakan browser handphone, yang saya harapkan adalah bahwa website tersebut dapat tertampil dengan baik dalam layar mungilnya. Selain itu saya berdoa agar halamannya tidak terlalu panjang agar biaya aksesnya tidak menjadi mahal. :)

Tentu tidak semua website seperti yang saya harapkan, masih banyak website-website yang belum "mobile friendly" jika ditampilkan melalui browser handphone seperti Operamini atau Openwave. Sementara itu, kita ketahui, di antara website-website saling berkaitan melalui hyperlink. Ada kalanya ketika saya mengakses halaman yang mobile friendly, tapi link-link yang dituju halaman web yang belum friendly..

Browser yang kita gunakan, misalnya Operamini, sebenarnya sudah mencoba menyesuaikan isi website untuk lebih enak ditampilkan pada layar handphone. Selain mengandalkan pada browser yang digunakan, hal lain yang dapat kita manfaatkan adalah menggunakan layanan Google pada alamat berikut:

http://www.google.com/gwt/n

Sepertinya itu bagian dari layanan Google Mobile. Dari situ kita tinggal memasukkan halaman website yang dituju. Dapat juga memilih untuk tidak menampilkan image. Selanjutnya dalam layar kita dapat melihat tampilan web yang sudah disesuaikan untuk tampilan layar handphone atau mobile device lainnya. Untuk satu halaman normal yang cukup panjang, tampilannya akan dipecah dalam beberapa halaman.

Keuntungan lain adalah menjadikan layanan Google tersebut sebagai proxy, yang dalam keadaan tertentu menjadikan akses ke halaman website yang normalnya lambat menjadi lebih cepat.

Dan yang juga saya sukai adalah ketika URL yang dimasukkan adalah alamat RSS feed, maka yang ditampilkan adalah halaman dalam layanan Google Reader versi mobile (tapi tanpa perlu login), jadi daftar yang ditampilkan hanya judul dan sepenggal deskripsinya. Ini tidak terbatas jumlah maksimal entry dalam feed, tetapi juga termasuk entry lain sebelumnya yang telah diarsipkan oleh Google.

0 komentar:

Created by : Hatake and Destroy